BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 01 Oktober 2011

“Bagaimanakah Perkembangan Bahasa Indonesia Saat Ini? “

“Bagaimanakah Perkembangan Bahasa Indonesia Saat Ini? “
Jika kita memberikan tanggapan meliputi seluruh Perkembangan Bahasa Indonesia saat ini, tentunya telah banyak mengalami perubahan. Mulai dari tanda baca, pengejaan kata, struktur kalimat, dan pengucapan Bahasa Indonesia dalam aktivitas keseharian. Menurut pendapat saya, ada sisi Positif dan Negatifnya dalam kenyataannya Perkembangan Bahasa Indonesia yang telah terjadi sampai saat ini.

Yang Pertama, dari segi positif Perkembangan Bahasa Indonesia saat ini telah dapat menyaring kata-kata yang berasal dari kazanah bahasa asing dan dari bahasa daerah. Ini terlihat dari kamus-kamus Bahasa Indonesia sekarang ini banyak yang telah dibakukan dan juga telah dilazimkan atau acapkali kita dapati dalam bacaan-bacaan umum. Lalu dari struktur kata dan pengejaan kata, bahwa telah mengalami penyesuaian serta terdapat aturan-aturannya dalam melakukan penulisan kalimat. Ini dapat dilihat dari struktur kalimat terdapat pola susunan-susunan kata, seperti terdapatnya pola “SPOK” dan juga pengejaan kata saat ini telah mengalami penyempurnaan atau penggunaan asal kata sesuai dengan “EYD”. Dan tak lupa juga dengan penggunaan tanda baca, dimana jika penggunaan tanda baca tidak tepat, maka arti/maksud dari bacaan atau kalimat juga berbeda-beda walaupun kata-kata dalam kalimat atau bacaan itu sama.
Kemudian Kedua dari segi negatif Bahasa Indonesia kenyataannya, kesalahan banyak terjadi dalam percakapan aktivitas keseharian. Ini dapat kita jumpai secara tidak disadari pada surat kabar dan televisi (seperti dalam sinetron, iklan, serta para presenter), banyak dari media-media tersebut mengabaikan bagaimana cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal seperti ini dapat menimbulkan kebiasaan di masyarakat menjadi kekhawatiran. Karena secara tidak disadari kita lupa bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada saat pembicaraan resmi maupun di saat santai. Inilah sering kita menganggap bahwa belajar Bahasa Indonesia itu mudah. Namun apabila dilihat dari hasil belajar Bahasa Indonesia kita, seringkali tidak sesuai dengan anggapan bahwa belajar Bahasa Indonesia mudah. Banyak dari lulusan SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi sekalipun yang belum terampil berbahasa Indonesia. Seperti menyimak, berbicara, membaca, maupun menulis. Hal tersebut merupakan fakta bahwasannya masih banyak yang merasa kesulitan ketika belajar Bahasa Indonesia.

0 komentar: