BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 02 November 2012

APA ITU E-NEWS,E-GOVERNMENT,E-LEARNING,GPS, DAN BESERTA CONTOH


  Apa Itu Electronic News
E-news adalah salah satu pemanfaatan internet untuk mencari informasi mengenai berita, buku-buku. Semuanya dilakuakan dengan mudah, tinggal kita harus mengetahui tujuan atau alamat url yang akan dikunjungi. Sehingga banyak arti dalam mendefinisikannya, pengertian utamanya E-News adalah kependekan dari Electronic News. E-News seperti katanya berarti berita atau informasi yang dikemas secara menarik dan disampaikan melalui media ekeltronik secara online, yang biasanya ditampilkan oleh komputer yang terhubung dengan internet / ditampilkan oleh browser yang terhubung dengan sebuah server.

Manfaat :
- mendapatkan berita secara cepat dan mudah
- menghemat biaya dan waktu
- meningkatkan pengetahuan umum
- menciptkan masarakat yang loyal.

E- News merupakan berita yang menggunakan perangkat komputer yang terhubung dengan bejaringan komputer global. terdapat juga beberapa istilah untuk berita elektronik atau electronic news diantaranya online news atau digital news.
Memasuki era globalisasi, media cetak baik koran, tabloid, maupun majalah tidak hanya mengandalkan edisi fisik yang tercetak saja untuk memberikan informasi dan berita aktualnya kepaa para pembaca, akan tetapi media ini dituntut untuk semakin berkembang dan membuat sebuah inovasi baru dengan memberikan sajian informasi yang online sehingga informasi yang diberikan kepada pembaca lebih up to date, aktual serta cepat karena dapat diakses hanya dalam beberapa detik saja melalui internet.

E-News di Indonesia, umumnya dikembangkan oleh surat kabar maupun majalah ternama, karena baik surat kabar maupun majalah ternama ini sudah eksis secara cetak, lekat dihati pembacanya, kuat secara modal, serta memiliki jaringan distribusi yang luas. sehingga mereka menerbitkan edisi online sebagai wujud pelayanan kepada para pembaca, sehingga dengan menggunakan protocol dan teknologi internet yang menghubungkan sistem jaringan komputer global, mereka dapat menerbitkan edisi online yang dapat diakses secara cepat dan seketika oleh pembaca.

Internet sebagai sebuah jaringan komputer global yang memicu perkembangan berita elektronik (E-News). Teknologi internet memungkinkan berita dipublikasikan dengan menggunakan format HTML (Hypertext MarkUp Language). Format berita baik teks, gambar, video, audio dan animasi dapat disajikan secara digital, sehingga pembaca dapat mengakses berita yang dibutuhkan dengan cepat.
Pada E-News, pembaca tidak hanya bisa menikmati berita dan informasi aktual yang disajikan, akan tetapi juga menikmati layout atau tampilan yang interaktif, serta headline news yang dikemas secara singkat dan jelas sehingga menarik minat pembaca, berita yang disajikan dapat berubah dengan cepat sesuai perkembangan dan dapat didownload dengan mudah dalam beberapa detik saja. Selain itu, pembaca juga dapat memberikan feedback berupa kritik maupun comment pada situs berita online / e-news tersebut.


Berikut ini beberapa contoh penyedia layanan berita online (News Service Provider) terkemuka dan terpercaya di Indonesia ;
  1. www.kompas.com
  2. www.liputan6.com
  3. www.republika.co.id
  4. www.jawapos.com
  5. www.media-indonesia.com
  6. www.okezone.com
  7. www.detik.com
  8. www.forum.co.id
  9. www.gatra.co.id
  10. www.tempo.co.id
  11. www.seputarindonesia.com
  12. dll

·         Pengertian Singkat E-Government
      Adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.           

      Dalam pemanfaatan teknologi informasi, e-govt merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencari informasi, atau persoalan-persoalan yang ada dalam dunia politik. Semua permasalahaan yang ada dalam dunia politik dapat dilihat menggunakan e govt. Pemanfaatan E govet sangat penting karena masyarakat luas adpat mngetahui dan mengerti apa yang ada dalam dunia politik. semua yang terjadi dapat dilihat dan dimngerti secara jelas. Keuntungan yang diperoleh menggunakan sarana ini selain menghemat biaya dan menghemat waktu, sarana ini juga dapat memberikan peran sebagai negara demokrasi.

·         Definisi E-Learning
      Istilah e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-Learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley menyatakan: e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain. Sedangkan LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms menyatakan bahwa e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.

      Dari puluhan atau bahkan ratusan definisi yang muncul dapat kita simpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-Learning.
E-learning biasanya dipakai untuk sistem pendidikan lewat internet, dimana siswa atau mahasiswa bahkan masayarakat luas bisa memanfaatkannya untuk mencari ilmu pengetahuan.
Keuntungan menggunakan e-Learning dan e-education diantaranya adalah sebagai berikut:
• Menghemat waktu proses belajar mengajar
• Mengurangi biaya perjalanan
• Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
• Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
• Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan


·         Global Positioning System (GPS)
      Adalah sistem navigasi satelit global yang digunakan untuk menyediakan informasi lokasi dan waktu yang akurat dimana saja, dan kapan saja. informasi yang dihasilkan dari Teknologi GPS ini dapat di akses/diterima melalui perangkat GPS receiver.
      GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.

GPS terdiri dari 3 segmen: Segmen angkasa, kontrol/pengendali, dan pengguna., dimana :

Segmen angkasa: terdiri dari 24 satelit yang beroperasi dalam 6 orbit pada ketinggian 20.200 km dan inklinasi 55 derajat dengan periode 12 jam (satelit akan kembali ke titik yang sama dalam 12 jam). Satelit tersebut memutari orbitnya sehingga minimal ada 6 satelit yang dapat dipantau pada titik manapun di bumi ini. Satelit tersebut mengirimkan posisi dan waktu kepada pengguna seluruh dunia.

Segmen Kontrol/Pengendali: terdapat pusat pengendali utama yang terdapat di Colorodo Springs, dan 5 stasiun pemantau lainnya dan 3 antena yang tersebar di bumi ini. Stasiun pemantau memantau semua satelit GOS dan mengumpulkan informasinya. Stasiun pemantau kemudian mengirimkan informasi tersebut kepada pusat pengendali utama yang kemudian melakukan perhitungan dan pengecekan orbit satelit. Informasi tersebut kemudian dikoreksi dan dilakukan pemuktahiran dan dikirim ke satelit GPS.

Segmen Pengguna: Pada sisi pengguna dibutuhkan penerima GPS (selanjutnya kita sebut perangkat GPS) yang biasanya terdiri dari penerima, prosesor, dan antena, sehingga memungkinkan kita dimanapun kita berada di muka bumi ini (tanah, laut, dan udara) dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan kemudian menghitung posisi, kecepatan dan waktu.
Beberapa sistem satelit yang mendukung teknologi ini, antara lain GLONAS (Russian Global Navigation Satelite), Chinese Compas navigation Satelite, dan Galileo Positoning System, Teknologi GPS dikembangkan dan direalisasikan oleh departemen pertahan Amerika Serikat, menggunakan setidaknya 24 satelit untuk membantu proses penyajian informasi dari teknologi GPS itu sendiri.


·         REFRENSI
-          Submitbookmarker.com
-          Navigasi.net
-          www.ilmukomputer.com
-          www.ns.ui.ac.id/mipa/secure/download.php?name=workelib.pdf


1 komentar:

cahyo mengatakan...

Kamu anak Sekolah, Tapi mau berbisnis tanpa modal ? Dijamin menguntungkan sekali, karena bisa menambah menambah uang saku kamu dalam jumlah yang banyak dan cepat. Tidak perlu memakai modal langsung saja lihat Disini Sekarang