BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 20 Januari 2013

VIRTUALIZATION DAN SOFTWARENYA


SEJARAH
                Pada jaman mainframe computing atau “Host-Terminal” system, teknik virtualisasi ini sudah diterapkan pada sistem memory. Menggunakan teknik ini akan membuat memory seperti menjadi berlipat ganda dari jumlah memory secara fisik yang sesungguhnya. Dimana sistem PDP-11 sebuah minicomputer yang mempunyai memory sebesar 64 KB, memory tersebut dapat dirubah sehingga mempunyai kemampuan untuk melayani puluhan users. Bandingkan dengan computer PC yang umum dipakai, sebagai contoh didalam computer tersebut telah memiliki memory 2 GB tetapi hanya dapat melayani 1 user. Dengan bantuan hard disk dan kenyataan bahwa eksekusi setiap program dari user adalah satu instruksi setiap saatnya, maka hanya sebagian program saja yang diangkut ke memory pada setiap saat dan sisanya mendekam di harddisk yang baru diangkut ke memory sampai dibutuhkan atau eksekusi program tersebut tiba pada instruksi yang dikandungnya.  Prinsip manfaat yang kita peroleh dari teknik virtualisasi ini adalah meningkatnya kemampuan jumlah user yang bisa dilayani secara bersamaan.

DEFINISI
          Berasal dari kata Virtual yang berarti menerangkan suatu teknik menciptakan sesuatu yang luas dari sesuatu yang konkrit/nyata. Yang berarti Virtualization merupakan sebuah teknik yang telah diterapkan sejak jaman mainframe dan terus berkembang sampai diterapkan pada cloud computing sebagai satu feature yang sangat penting, dimana penerapan teknik virtualisasi ini dulunya berbeda.
                     Seiring kemajuan teknologi, terciptanya teknik baru yaitu Virtual PC yang merupakan hasil perkembangan software dari sebuah teknik virtualisasi yang mensimulasi sebuah hardware atau PC secara software. Yang mana fungsinya sama dengan computer yang didalamnya telah ada operating system dan siap dipakai. Dalam menggunakannya user harus terlebih dahulu mengeksekusi software Virtual PC, karena kenyataannya Virtual PC ini merupakan terdiri dari file-file didalamnya. Salah satu tujuan penggunaannya adalah untuk testing software sehingga apabila ada terjadi masalah atau virus sekalipun maka PC yang sesungguhnya/real, tidak akan kena imbasnya karena segala yang terjadi hanya di dalam virtual pc itu sendiri.  Sehingga penanggulangannya semudah menghapus sebuah file dan menciptakan virtual pc yang baru.
          Sedangkan tujuan lain dari virtualisasi adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan sebuah fasilitas infrastructure seperti processor, network, dan communication channel.  Tanpa disadari bahwa processor lebih banyak free daripada sibuk bekerja.  Sebagai contoh pada saat melakukan pekerjaan mengetik dengan Microsoft word sebenarnya processor tidaklah begitu banyak dipergunakan. Kenyataan inilah yang menyadarkan dunia bisnis untuk mengirit biaya, misalnya biaya media telekomunikasi.  Seandainya saat dahulu telah menyediakan 1 jalur untuk 1 departemen, sekarang tidak lagi tetapi mungkin cukup hanya 2 jalur dan dishare dengan teknik virtualisasi oleh semua departemen.  Hebatnya teknik virtualisasi ini adalah bahwa pihak user tidak mengetahui kenyataan ini dan mengetahui bahwa mereka memiliki 1 jalur sendiri yang tidak dipakai bersama-sama dengan pihak lainnya.  Oleh karena itu sekarang peralatan network dan communication seperti buatan Cisco juga sudah memanfaatkan teknik virtualisasi ini.
Dengan menggunakan cloud computing, teknik virtualisasi ini sangat penting gunanya yaitu karena:
1.    Dapat meningkatkan UTILITY atau pemanfaatan infrastructure mencapai 100% atau semaksimalnya.
2.    Bisa menciptakan imunisasi atau security dimana 1 user tidak bisa mengganggu atau merusak user lainnya karena mereka masing masing terselubung dalam 1 virtual machine.
3.    Bisa memberikan elastisitas atau ketidakterbatasan infrastructure kepada setiap user.
4.    Dapat menciptakan virtual machine atau virtual desktop yang sesuai dengan spesifikasi prosesor, memory, harddisk, dsb yang dibutuhkan oleh user.  Sehingga user cukup pakai sebuah IPAD saja untuk mengoperasikan sebuah virtual super desktop atau komputer secanggih apapun karena semua proses dilakukan di cloud host/server dan IPAD itu hanya berfungsi sebagai kepanjangan monitor dan keyboard saja.

REFRENSI
Purwadhika Nusantara (Apa itu Virtualization? )

0 komentar: